Blogger Widgets
Posted by : Artic Kamis, 18 Desember 2014


A. Pengertian User Interface
User interface adalah cara program dan user berkomunikasi. Istilah user interface atau interface kadang-kadang digunakan sebagai penggati istilah HCI (Human Computer Interaction). HCI (Human Computer Interface) adalah semua aspek dari interaksi pengguna dan computer, tidak hanya hardware. Semuanya yang terlihat dilayar, membaca dalam dokumentasi dan dimanipulasi dengan keyboard (atau mouse) merupakan bagian dari user interface. User Interface berfungsi untuk menghubungkan atau penterjemah informasi antara pengguna dengan system operasi, sehingga computer dapat digunakan.

B. Perkembangan Computer User Interface

1. Text Based
Text Based merupakan user interface berupa text ataupun perintah-perintah yang diketikan langsung oleh user untuk melakukan atau mengeksekusi sesuatu. Pada saat masih menggunakan Text Based semua perintah murni memakai Keyboard ataupun Keypad seperti pada OS DOS, Wordstar, dan Lotus 123.


2. Menu Based
Menu based adalah sebuah antar muka yang hanya menunjukkan menu dengan pilihan khusus untuk pengguna untuk memilih setelah pengguna telah memilih opsi dari menu, program akan membuka layar menu lain dan proses ini akan berlanjut sampai pilihan tertentu dipilih.


2. GUI  
Graphical User Interface (GUI) adalah suatu sistem interface pada komputer yang memberikan atau memfasilitasi tampilan pilihan pada layar, yang biasanya berbentuk icon (simbol gambar) atau menu sebagai sarana yang dapat digunakan pengguna untuk memberikan perintah. GUI menggunakan mouse untung menggunakan pointer.

3. Touch Screen
Touchscreen merupakan sebuah perangkat atau tampilan visual yang dimana pengguna dapat mengontrol melalui gerakan sederhana atau multi-touch dengan menggunakan sentuhan jari kita. Layar sentuh ini mempermudah pengguna untuk langsung berinteraksi langsung dengan sebuah tampilan tanpa menggunakan mouse, touchpad, atau perangkat yang lainnya. 

Touchscreen memiliki tiga komponen utama dalam kegunaannya yaitu Touch Sensor, Controller, Software Driver. Berikut definisi dari tiga teknologi dari touchscreen.
1. Touch sensor
Komponen ini terletak di bagian luar tampilan sebagai lapisan penerema inputan dari user atau sentuhan. Bagian yang di sentuh akan menimbulkan aliran listrik.
2. Pengontrol (controller)
Merupakan sebuah perangkat yang memproses dan mengubah voltase sinyal yang di terima dari komponen touch sensor yang berupa alus listrik dan di hubungkan ke prosessor atau perangkat yang lain.
3. Software Driver
Sebagai alat penerjemah data dari proses diatas tadi yang memungkinkan proses di atas sudah bekerja dengan baik dan di tampilkannya ke antar muka melalui system operasi.


Panel touchscreen kapasitif terdiri dari isolator seperti kaca, yang di lapisi dengan konduktor seperti indium tin oxide (ITO).manusia yang sebagai penghantar listrik, menyentuh permukaan layar dalam distorsi dari medan elektrostatik layar tersebut, dan di unur sebagai perubahan kapasitansi.Teknologi yang berbeda dapat digunakan untuk menentukan lokasi sentuhan yang kemudian di kirim ke controller untuk di proses.
Layar kapasitif ini terus di kembangkan oleh produsen terbesar dengan mengembangkan layar sentuh tipis dan lebih akurat. Dengan teknologi in-cell yang menghilangkan lapisannya. Seperti layar sentuh pada Samsung super AMOLED.

Touchscreens yang umum di perangkat seperti konsol game , komputer pribadi ,komputer tablet , dan smartphone. Touchscreen juga dapat dilampirkan ke komputer atau, seperti terminal, ke jaringan. Touchscreen juga memainkan peran penting dalam desain peralatan digital seperti personal digital assistant (PDA) , navigasi satelit perangkat, ponsel , dan video game dan beberapa buku (buku elektronik).

4. Gesture Based
  
Gesture Based adalah penggunaan sensor gerak/mata dalam penggunaan Computer. Gesture Based sekarang masih dalam perkembangan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 Artic Blog -Sao v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -