Blogger Widgets
Posted by : Artic Kamis, 18 Desember 2014

Komunikasi adalah proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.
Komunikasi sangat penting bagi semua aspek kehidupan manusia.Dengan komunikasi manusia dapat mengekspresikan gagasan, perasaan, harapan dan kesan kepada sesama serta memahami gagasan, perasaan dan kesan orang lain. Komunikasi tidak hanya mendorong perkembangan kemanusiaan yang utuh, namun juga menciptakan hubungan sosial yang sangat diperlukan dalam kelompok sosial apapun. Komunikasi memungkinkan terjadinya kerja sama sosial, membuat kesepakatan-kesepakatan penting dan lain-lain. Individu yang terlibat dalam komunikasi memiliki latar belakang sosial, budaya dan pengalaman psikologis yang berbeda-beda. Perbedaan ini dapat mempengaruhi efektifitas sebuah komunikasi. Sangat penting bagi setiap individu untuk memahami simbol-simbol yang digunakan dalam komunikasi, baik simbol verbal maupun nonverbal.
Pada era sekarang perkembangan sistem komunikasi sangatlah cepat. Kita bahkan bisa berkomunikasi dengan orang yang ada di belahan dunia. Nah kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang komunikasi berbantu komputer.

KOMUNIKASI DATA

Komunikasi data adalah adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain) yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, sepeti internet. (http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_data)
1. Jenis Komuniksai Data Melalui Infrastuktur Terestrial
Jenis komunikasi data ini dapat dilakukan menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya sehingga membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastuktur jenis ini.

2. Jenis Komunikasi Melalui Satelit
Jenis komunikasi data ini dapat dilakukan dengan menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicangkup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial, namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. 
- See more at: http://microcyber2.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-jenis-jenis-komunikasi.html#sthash.NjIvSg6Y.dpuf


Jenis Komunikasi
Voice Communication
1. Radio Broadcasting
Informasi dipancarkan kesegala arah, bersifat umum, jangkauannya tergantung daya pancar serta izinnya. Contoh : Radio RRI.

2. Radio Amatir
Informasi dipancarkan ke segala arah tetapi jumlah pengirim dan penerima informasi terbatas, sifat informasi bersifat pribadi. Contohnya : ORARI

3. 2 Way Radio System
Informasi terbatas pada pengirim dan penerima pada gelombang yang sama, jarak jangkau terbatas. Contohnya : Handy-Talky yang biasa digunakan satpam keamanan

4. Radio Paging
Digunakan untuk memanggil penerima yang menjadi pelanggan pengirim, dan memiliki jangkauan yang terbatas, contohnya Pager.

5. Telephone
merupakan media informasi yang jangkauan paling luas. Contohnya adalah PSTN (Public Switching Telephone Network) dan Telephone Selullar (CDMA dan GSM).

Text Communication, contoh dari komunikasi teks adalah telegraph dan email.

Image Communication, contohnya adalah faximile.

Video Communication, contohnya adalah TV Broadcasting, dan Teleconference.

Elemen-elemen Sistem Komunikasi
Secara umum, sistem komunikasi memiliki 3 elemen :
1. Sumber atau pengirim (source), yaitu elemen yang mengirimkan data informasi.
2. Media Transmisi, yaitu media atau elemen yang berfungsi mengirimkan data ke dan dari sumber atau pengirim dan penerima (receiver). Media yang biasa digunakan adalah kabel dan gelombang.
3. Penerima (receiver), yaitu elemen yang menerima data informasi dari pengirim

















Jenis komunikasi data ini dapat dilakukan menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya sehingga membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastuktur jenis ini. - See more at: http://microcyber2.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-jenis-jenis-komunikasi.html#sthash.NjIvSg6Y.dpuf

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 Artic Blog -Sao v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -