Blogger Widgets
Posted by : Artic Rabu, 31 Desember 2014

Tahun Baru Posting Baru :v walaupun ini tugas lama si males ngerjain aja :v
oke sekarang saya akan memberikan pembahasan dari Soal no 2 lanjutan yang kemarin Soalnya adalah :
2. Mencetak bilangan ganjil kelipatan tiga diantara angka 10 s/d 50.
Waduh pak soalnya kok aneh aneh wae ya, ngapain kita harus ngerjakan gituan kalo bisa di itung manual :v kalo ampe 3000 bisa pusing kepala kita nak :v
Gimana udah dapat gambaran blom? yaudah selagi kalian berimajinasi saya akan melanjutkan tulisan saya :v
dan inilah jawaban saya
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

int main()
{
  int  i;
  system("color a");
  for (i=10;i<50;i++)
  {
      if (i%3==0 && i%2!=0)
      {
          printf("%d\n",i);
      }
  }
}



































Wow mas itu jawabannya kok singkat padat dan tidak jelas?
OK ane jelasin biar ente ente pada paham
1. int nya i doank knapa bisa gitu? karena kita cuma butuh variable untuk mewakili angka
2. kita gunakan prinsip looping biar ga' ribet nulis banyak banyak dan kali ini saya memakai looping "for" kita batasi loopingnya dari i=10 sampai i kurang dari 50.
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

int main()
{
  int  i;
  system("color a");
  for (i=10;i<50;i++)
  {

3. nah untuk kelipatan 3 dan ganjil saya menggunakan Modulus agar akurat, setelah itu printf jadi deh :v
untuk yang belum mengerti apa itu modulus akan saya jelaskan secara singkat misalnya i=12 kalo i%3==0 berarti 12 dibagi 3 = 4 dan sisanya adalah 0 dan i%2!=0 itu berarti 12 dibagi 2 dan sisanya tidak sama dengan 0, bila nilai itu memenuhi yang ada di if baru kita printf
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

int main()
{
  int  i;
  system("color a");
  for (i=10;i<50;i++)
  {
      if (i%3==0 && i%2!=0)
      {
          printf("%d\n",i);
      }
  }
}
4. nah hasilnya akan keluar seperti ini



OK selesai juga rumus kali ini :v








Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 Artic Blog -Sao v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -