Blogger Widgets
Posted by : Artic Kamis, 18 Desember 2014




 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj7ep3WfxWYWecKy0UUaZ0dM7ac3FFfodCfGls3gy_yKCgVomv_IjGBMoo_rm1XbWn4NHo_BFmUUy6uVnkBJOTXG1Adsq3Azk-p6NW4Z-yVV_OJedp0gTAr-LhiFbUp0sIkmzvrJKOV7qvF/s1600/tips+keamanan+komputer.png
Aspek-aspek Keamanan Komputer
Keamanan komputer adalah melindungi komputer dan jaringannya dengan tujuan mengamankan informasi yang berada di dalamnya. Keamanan komputer sendiri meliputi beberapa aspek , antara lain :
  1. Privacy, adalah sesuatu yang bersifat rahasia(provate). Intinya adalah pencegahan agar informasi tersebut tidak diakses oleh orang yang tidak berhak.
  2. Confidentiality,  merupakan data yang diberikan ke pihak lain untuk tujuan khusus tetapi tetap dijaga penyebarannya..
  3. Integrity, penekanannya adalah sebuah informasi tidak boleh diubah kecuali oleh pemilik informasi. Terkadang data yang telah terenskripsipun tidak terjaga integritasnya karena ada kemungkinan chpertext dari enkripsi tersebut berubah..
  4. Autentication, ini akan dilakukan sewaktu user login dengan menggunakan nama user dan passwordnya, apakah cocok atau tidak, jika cocok diterima dan tidak akan ditolak. Ini biasanya berhubungan dengan hak akses seseorang, apakah dia pengakses yang sah atau tidak.
  5. Availability, aspek ini berkaitan dengan apakah sebuah data tersedia saat dibutuhkan/diperlukan. Apabila sebuah data atau informasi terlalu ketat pengamanannya akan menyulitkan dalam akses data tersebut.

Jenis penyakit dalam keamanan komputer :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiz8kLbvmpI-N_Zo7R4T63FJgqVubuAvkiXkur0lmQ4igUaX9sEsjS6P1OQTiYIzSwoMueQHBtZml7_TumxhfxTZXDiN2VFLlBFwt-gsdYohZBKvYayF2WAPMQx5q2w3WtvgceXJhvJYnI/s320/Jenis+virus.jpg

E-mail dan jenis-jenis virus
Trojan dan backdoors lainnya
Worms
• Ancaman Dicampur
Bom Waktu
Spyware
Adware
Stealware


Trojan
Trojan memungkinkan pengguna yang jauh mengendalikan Trojan untuk melakukan adalah sebagai berikut:
Hapus file dari komputer yang terinfeksi.
Men-download file ke komputer yang terinfeksi.
Lakukan perubahan registri ke komputer yang terinfeksi.
Hapus file di komputer yang terinfeksi.
Mencuri password dan informasi rahasia lainnya.
Log keystrokes pengguna komputer.
Ubah nama file pada komputer yang terinfeksi.
Nonaktifkan keyboard, mouse, atau perangkat lain.
Matikan atau reboot komputer yang terinfeksi.
Jalankan aplikasi yang dipilih atau menghentikan aplikasi yang terbuka.
perlindungan virus Nonaktifkan atau perangkat lunak keamanan komputer lainnya.

Worm
Worm adalah program berbahaya yang berasal dari satu komputer dan mencari komputer lain yang terhubung melalui jaringan area lokal (LAN) atau koneksi Internet. Ketika worm menemukan komputer lain, ia bereplikasi sendiri ke komputer itu dan terus mencari komputer yang terhubung lainnya yang untuk meniru. Sebuah worm terus berusaha untuk mereplikasi dirinya sendiri tanpa batas atau sampai mekanisme self-waktu menghentikan proses.

Blended Threats
Blended threats adalah perusakan campuran dengan kemampuan kombinasi antara Virus, Worm, Trojan Horse dan Malicious Code sekaligus dalam satu program. Progam ini dapat mereplikasi diri lebih dari satu cara, dapat memiliki lebih dari satu jenis pemicu, dan dapat memiliki beberapa kemampuan tugas. Ancaman ini sering bergerak di Internet menggunakan e-mail kemampuan virus serta kemampuan worm. Serangan ini juga dapat menanam Trojan pada komputer. Pemicunya bisa dikarenakan aksi program e-mail atau tindakan browsing


Bom
Bom bekerja berdasarkan tanggal, jam atau kondisi tertentu. Ada 2 macam bomb: time dan logic.Yang bekerja berdasarkan waktu tertentu disebut time bomb (bom waktu) dan bekerja berdasarkan kejadian/kondisi tertentu disebut logic bomb (bom logik)


Spyware
Spyware adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan setiap teknologi komputer yang mengumpulkan informasi tentang seseorang atau organisasi tanpa sepengetahuan atau persetujuan mereka. Spyware dapat d iinstal pada komputer melalui beberapa cara rahasia, termasuk sebagai bagian dari virus software atau sebagai akibat penambahan program baru.
Spyware digunakan untuk mengumpulkan informasi seperti penekanan tombol dicatat (password), daftar situs Web yang dikunjungi oleh pengguna, atau aplikasi dan sistem operasi yang di instal pada komputer. Hal ini biasanya ditempatkan pada komputer untuk mengumpulkan informasi tentang pengguna yang kemudian dijual kepada pengiklan dan pihak lain yang berkepentingan. Informasi yang dikumpulkan oleh spyware sering dikombinasikan dengan database lain untuk membuat profil individu, keluarga, kelompok kerja, atau bahkan seluruh perusahaan.

 
Adware
Adware adalah iklan produk atau penawaran layanan yang merupakan bagian dari sebuah situs atau aplikasi. Script yang ditulis pada suatu halaman web memungkinkan adware untuk berjalan sendiri (autorun applications) yang akan muncul pada saat kita surfing di suatu situs tertentu atau sedang menjalankan aplikasi. Biasanya adware sangat gampang untuk di nonaktifkan, tapi tidak dengan varian adware yang memiliki suatu teknik anti-removal dan ini biasanya sangat mengganggu.


Stealware
Stealware adalah nama lain sering dikaitkan dengan Web bug atau spyware. Hal ini sering digunakan oleh situs web yang memiliki berbagai jenis program pemasaran yang menjadi anggota rencana pemasaran afiliasi. Beberapa aplikasi perangkat lunak peer-to-peer yang dilaporkan memiliki atribut stealware. Perhatikan bahwa istilah spyware, stealware, dan adware kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan jenis yang sama atau mirip kode.
Salah satu korban penipuan stealware mengeluh tentang ke Federal Communications Commission (FCC) adalah bahwa mereka telah ditagih untuk panggilan internasional yang terjadi sebagai akibat dari menggunakan penyedia layanan internet lokal untuk mengakses situs Web. Beberapa situs web mendorong pengguna komputer untuk men-download software untuk melihat materi tertentu. Tanpa diketahui pengguna tersebut, software download terputus atau modem komputer nya dan kemudian menghubungkan kembali menggunakan nomor sambungan jarak jauh internasional. Hasilnya adalah bahwa modem sebenarnya bisa menempatkan panggilan ke jauh seperti Chad, Madagaskar, atau negara-negara lain, dan pengguna komputer dapat ditagih untuk panggilan internasional.
Beberapa situs Web dapat di iklankan sebagai bebas dan tanpa sensor atau memungkinkan informasi untuk di-download. Namun, jendela pop-up dengan disclaimer akan muncul. Disclaimer biasanya mengungkapkan informasi mengenai kemungkinan biaya atau rerouting dari situs Web. Ini mungkin berkata: "Anda akan terputus dari nomor akses internet lokal Anda dan menghubungkan kembali ke lokasi internasional." Adalah penting bahwa pengguna komputer membaca disclaimer untuk mempelajari biaya yang akan dinilai sebelum mereka mengklik kotak. Jika mereka masih memilih untuk men-download, pengguna harus siap untuk menerima tagihan telepon dengan biaya tol internasional yang tinggi.



KEJAHATAN DALAM FAKTOR KELEMAHAN MANUSIA
Rekayasa sosial
Memanfaatkan Sisi-Sisi kelemahan manusia untuk mendapatkan Informasi tentang kode login, dan kode-kode keamanan lainnya.

Antivirus
Antivirus berfungsi untuk melindungi computer anda. Penjahat di dunia maya mengetahui ini dan mereka memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan. Penjahat di dunia maya memiliki banyak website yang menyediakan layanan untuk mendownload software antivirus. Ketika anda terhubung oleh koneksi internet dan mengklik website tersebut maka mereka men-scan laptop anda untuk mengetahui berbagai informasi pada laptop anda. Ketika anda di minta untuk membeli dan mendownload software tersebut maka jelas sekali laptop anda akan terinfeksi.
Setelah computer anda terinfeksi maka dengan mudah para penjahat tersebut dengan leluasa akan mengendalikan computer anda secara total atau bebas.



EMAIL
Serangan yang umum terjadi pada untuk menginfeksikan computer anda adalah dengan menggunakan email. Saat email anda di ketahui oleh para penjahat dunia maya maka mereka akan memberikan kiriman sebuah link kepada anda tentang apapun itu sehingga setelah anda meng klik link tersebut maka dengan mudah computer anda pun akan sangat mudah untuk terinfeksi. Saran yang mudah untuk menghindari kejahatan ini adalah jangan sembarangan untuk meng klik link dan lampiran yanag terkirim pada email anda kecuali jika anda menginginkan untuk membuka link atau lampiran tersebut.



PENIPUAN
Para penjahat  tidak hanya mengunakan komputer Anda, tetapi uang Anda, dengan cara termudah untuk mencuri sesuatu adalah dengan hanya meminta untuk itu.
Salah satu cara penjahat melakukan ini adalah dengan penipuan, seperti penipuan undian. Pada saat anda mendapatkan kiriman sebuah email yang  email tersebut menjelaskan bahwa Anda telah memenangkan lotre dan anda diminta untuk mentransfer uang dan Anda diminta untuk menghubungi orang dan memberi mereka informasi perbankan. Penjahat akan mengharuskan Anda untuk membayar transaksi. Biaya yangdiperlukan untuk mendapatkan lotre Anda akan tetapi setelah anda mengirim uang tersebut ternyata uang anda di bawa lari dan hadiah yang diharapkan dari lotre tersebut tidak datang.


Sekian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat :D

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 Artic Blog -Sao v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -